Jul 4, 2008

Raeka Belajar English

Raeka lagi aktif-aktifnya berbahasa Inggris. Kira-kira sejak dua bulan lalu, dia mulai ngoceh beberapa patah kata bahasa Inggris. Raeka gak ragu sama sekali melafalkan kalimat bahasa Inggris, meskipun yang terucap tak karuan maknanya. Tidak seperti ayah, yang gampang macet kalo mulai speaking english.

2 minggu belakangan, english Raeka makin jelas lafal dan maknanya. Misalnya, dia dengan fasih mengucapkan "I don't know" dan "You forgot to bring my jacket" di sela-sela obrolan. Yang kadang bikin geli, aksen Raeka Aussie banget. Kata "I" diucapkan dengan mulut yang membulat dan bunyinya terdengar seperti kata "oi". Raeka juga selalu mengucapkan kalimat english dengan gaya yang ekspresif seperti; mengangkat bahu sambil mengangkat kedua lengan terbuka setinggi dada, plus muka "nyebelin", ketika mengatakan "I don't know".

Ketika tadi menelpon Andung di Jakarta, Raeka langsung ngoceh dalam bahasa Inggris. Meskipun malah jadi buat Andung bingung, Raeka terus aja ber-english ria. Sama teman-temannya pun, baik yang Indo maupun yang lokal, Raeka sering berbahasa Inggris. Sama sekali dia gak pusing kalau teman-temanya gak ngerti dan penuh tanda tanya. Di acara UMAC, Raeka bahkan bikin Raushan agak suntuk karena saat mereka duduk berduaan Raeka ngoceh tak henti-henti dalam bahasa Inggris yang lumayan gak beraturan namun dengan nada yang sangat meyakinkan. Plus, aksen aussie-nya yang super kental.

Sebentar lagi, Raeka akan bicara dalam bahasa Inggris sepenuhnya. Dan mungkin akan mulai kesulitan berbahasa Indonesia seperti abangnya. Saat ini, kami sedang menikmati usahanya.

1 comment:

martin goro-goro said...

Wow, Raeka uor are amazing! Tete dan Eyang tersenyum-senyum dan berbubga-bunga hati ketika membaca kemajuan perkembangan kepribadian Raeka yang penuh percaya diri dan beranitampil.

Tete pengen sekali ngeliat dan dengarin langsung Raeka berbicara English dengan aksen Aussie.

Agak susah ngomong bahasa Indonesia nggak apa2. Nanti juga bisa sendiri kalau balik lagi di Jakarta. Sperti bintang sinetron Cinta Laura juga begitu. Akhirnya oke juga.

Love, Eyang and Tete